Biografi Deadsquad

Biografi Deadsquad - Lorong Musik

Biografi Deadsquad - Grup band technical death metal Indonesia yang berasal dari Ibukota Jakarta. Pada awalnya band ini bermula sejak awal 2006 hanyalah sebuah band project yang berencana memainkan lagu-ladu dari band Oldschool Metal seperti: Slayer, Anthrax, dan Sepultura.

Stevie Item (Andra & The BackBone) dan Ricky Siahaan (Seringai) berkumpul untuk membuat band project. Untuk melengkapi formasi band tersebut, Bons (ex-Tengkorak) dan Andyan (ex-Siksakubur) diajak untuk bergabung. 

Band ini tidak layak untuk membuat musik mereka sendiri, karena mereka berpikir itu hanya sebuah band project. Ricky mengundurkan diri dari band karena kegiatan pekerjaannya, Pada bulan Juni 2006, Prisa dari (ex-Zala) muncul untuk menjadi guitarist. 

Dengan formasi Stevie, Bons, Andyan, dan Prisa mereka membentuk Deadsquad, pada 29 Agustus 2006. Berlanjut dengan pencarian vokalis, setelah beberapa kali mencoba akhirnya Deadsquad mendapatkan Babal (Alexander) yang resmi menjadi vokalis pada Oktober 2006. 

Pada awal 2008 Prisa resmi mengundurkan diri dari Deadsquad. Setelah berjalan sekian lama dengan konsep satu guitar, akhirnya pada bulan Oktober 2008 Deadsquad menemukan guitarist yang dinilai sangat mumpuni untuk mengisi kekosongan yang ada pada salah satu lini guitar yaitu Coki Bollemeyer (Netral). Pada bulan yang sama, Daniel (Abolish Conception) bergabung dalam lineup terbaru Deadsquad menggantikan babal. 

Band ini dipengaruhi oleh beberapa band-band Death Metal, terutama genre Technical Death Metal. Beberapa diantaranya; Necrophagist, Suffocation, Malevolent Creation, Visceral Bleeding, Cannibal Corpse, The Black Dahlia Murder, Spawn of Possession, Disavowed, Decrepit Birth, dan Nile. 

Maret 2009 mereka bekerja sama dengan Rottrevore Records (Indonesia), dan 9 Maret 2009 mereka merilis album pertamanya dengan title "Horror Vision" yang bertepatan dengan konser Lamb Of God di Jakarta dimana Deadsquad tampil sebagai band pembuka. 

Album pertama mereka langsung mendapat respon yang sangat baik dari komunitas Indie maupun Non Indie. Rangkaian panggung dan tour pun banyak dilakukan Deadsquad hingga saat ini, dan mereka mulai mempersiapkan materi-materi baru untuk Album mereka yang kedua.

Deadsquad sedang proses merilis album kedua setelah mundurnya gitaris Coki Bollemeyer dari band ini. Coki yang kini konsen di NTRL, juga Black Teeth dan Sunyotok, selama ini merupakan bagian penting dari band ini, baik secara kontribusi musik maupun citra sosoknya yang melekat pada band ini. "Gue terus terang merasa kehilangan Coki. Rekan gue paling nyambung di band kalau ngobrol. Suka bicara mengenai berbagai hal. Dulu untuk lirik Deadsquad juga suka ngobrol dengan Coki," kata Daniel melanjutkan.

Alan adalah salah satu personel baru yang menggantikan Bonny Sidharta, bassist lama Deadsquad yang mundur. Berasal dari Aceh dan tumbuh besar di Kediri dengan orang tua pengusaha kopi, Alan memang musisi mumpuni dalam hal instrumen bas. "Aku belajar bas ya dari YouTube. Nggak pernah sekolah musik. Dulu awalnya sempat main drum," ujar Alan yang sempat mengecap main di beberapa band death metal seperti Hatestroke, Funeral Inception, dan Carnivored.

Setelah mengalami beberapa kali perubahan jadwal perilisan, Deadsquad akhirnya resmi meluncurkan album ketiga milik mereka, Tyranation, pada tanggal 20 November 2016 di Borneo Beerhouse. Album yang dirilis oleh M8 Records tersebut berisi sepuluh lagu dengan total durasi 41 menit dan 14 detik.

"Di luar para personel Deadsquad, Tyranation melibatkan peranan beberapa musisi terkemuka yang telah memiliki prestasi dan pencapaian tinggi dalam industri kreatif di Tanah Air," Sosok-sosok yang dimaksud berkolaborasi dengan mereka adalah Sujiwo Tejo, Dewa Budjana, Andra Ramadhan, Adam Vladvamp dari Koil, dan Arie Dagienkz. Mantan gitaris Deadsquad yang juga personel NTRL, Christopher "Coki" Bollemeyer, juga terlibat dalam lagu "The Comfort of Retardation" dan "Tyranation". 

Anggota Band: 
  • Daniel Mardhany [Vocal]
  • Stevie Item [Guitar]
  • Karisk [Guitar]
  • Alan Musyifa [Bass]
  • Andyan Gorust [Drum]

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: