Biografi Uncle Freak


Biografi Uncle Freak - Lorong Musik

Biografi Uncle Freak - Grup musik yang berdiri pada 28 Desember 2008 lalu, berisikan lima personil inti, yakni Aditya Kalam (vocal + lead guitar), Mamed (backing vocal + rythem), Kuple (bass), Maykes (drum) dan Yuda (trompet). Eksis, produktif dan selektif, menjadi filosofi sekaligus motto dari terbentuknya Uncle Freak. 

Mengusung genre ska punk dan berlabel freak house, band ini memadukan berbagai aliran musik yang menjadi ciri khasnya. Perpaduan tersebut, lebih pada konsep ska, punk, reggae, dub yang mampu menghasilkan inovasi musik baru. 

Kolaborasi dari jati diri masing - masing personil ini, justru membuatnya band ini mampu eksis dan menembus pasar musik nasional.

"Bagi masyarakat kebanyakan, mungkin musik kami tidak terlalu akrab ditelinga. Tapi dikalangan pecintanya, Uncle Freak menjadi salah satu band asal Lampung yang berhasil mendapat tempat dihati penggemar di sejumlah kota tanah air.

Saat ini tercatat lebih dari 5 ribu fans setia yang tersebar, seperti di Jakarta, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Lampung dan kota lainnya," ungkap Aditya Kalam vokalis sekaligus lead guitar Uncle Freak.

Aditya menambahkan, tema dari lirik lagu yang dibawakan band ini lebih pada realita kehidupan. Sedangkan untuk kemasannya tetap pada ciri khas ngebit dan ceria, yang sejatinya mengajak pendengarnya untuk bersemangat. Oleh sebab itu, setiap lagu yang lantunan selalu diiringi dansa dan goyangan ala ska punk.

Selain itu, saat ini Uncle Freak telah menghasilkan total 12 track lagu, lima di antaranya telah di rilis dan menjadi kesemuanya menjadi hit panggung dan dunia maya (internet). Bahkan, sejak 2008 di situs ReverbNation menjadi urutan pertama dari chat musik reggae dunia.

Berbicara soal referensi musik, tambah Aditya, Uncle Freak lebih mengarah pada ciri musik Sublime, Rancid, Nofx, Mighty - Mighty Bosstones dan grup musik dunia sejenisnya.

Pengalaman manggung Uncle Freak sudah banyak sekali, band ini kerap kali menjadi opening act sejumlah band papan atas Indonesia. Sebut saja, teen two five, SID, Saggy Dog, Tipe X, Burger Kill dan sejumlah band bergenre ska, punk, metal dan sejenisnya.

Menurut mereka, untuk konsep musik yang di hadirkan lebih kepada easy listening, santai dan simple. Keterpaduan musik dan penyatuan rasa antar personil juga turut serta dalam menimbulkan jiwa (soul) dari tiap bait lirik yang dinyanyikan.

"Untuk filosofi nama, Uncle Freak diambil dari bahasa inggris yang berarti paman aneh. Maksudnya, tiap dari kami (personil) tidak ingin cepet tua dan ingin selalu berkarya. Termasuk juga dalam tiap penampilan, kami lebih memilih lifesytle yang gokil. Tapi, tetap apa adanya sesuai dengan musik yang kami mainkan".

Hal terpenting bagi Uncle Freak adalah musik yang dimainkan lebih pada untuk dinikmati, bukan hanya untuk dinilai. Selain itu, harapan secara internal, seluruh personil Uncle Freak mampu untuk saling menjaga kebersamaan, kekompakan dan saling "mencintai" serta menutupi kekurangan satu dan lainnya dengan rasa kekeluargaan.

Anggota Band:
  • Aditya Kalam [Vocal & Lead Guitar]
  • Mamed [Vocal & Rhytem Guitar]
  • Ary Wijaya [Bass]
  • Maykes Yulius Tambora [Drum]
  • Yudha Suryadinata [Trumpet]

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: