Live Review : Mocca Swinging Friday

Live Review : Mocca Swinging Friday

Sebuah suguhan yang berbeda dari biasanya sengaja ditampilkan oleh band swing pop/indiepop asal Bandung, Mocca. Bagaimana tidak, band yang digawangi oleh Arina (vocal), Riko (gitar), Toma (bass), dan Indra (drum), yang biasanya tampil simple dan sederhana ini, kini mencoba menampilkan kemegahan musik mereka dalam sebuah balutan orchestra yang disajikan dalam gelaran bertajuk Mocca Concert Swinging Friday. Dengan menggandeng Orkestra Bumi Siliwangi sebagai pengiring, konser yang digelar atas gagasan Moving Box Entertainment ini digelar di Balai Sartika Convention Hall, Jalan Suryalaya Indah, Buah Batu, Jumat (3/5).

Pintu dibuka sekitar pukul 19.00. Para Swinging Friends pun kemudian mulai mengambil posisi di tempat duduk yang telah disediakan sebelumnya. Tak lama menunggu, satu per satu personil Mocca, diiringi kehadiran pemain Orchestra dari Orkestra Bumi Siliwangi, mulai mengisi panggung. Diiringi dengan tepuk tangan penonton, Mocca kemudian membuka konser malam itu dengan sebuah tembang berjudul ‘Listen to Me’.

Lagu yang juga pernah menjadi sebuah soundtrack salah satu film layar lebar tanah air ini memang sangat cocok diperdendangkan dengan padanan orchestra. Irama yang cenderung slow dan ringan ini pun kemudian disambut animo penonton yang menyambutnya dengan tepukan tangan yang cukup meriah. Seolah masih ingin memberikan pemanasan bagi para Swinging Friends, Mocca pun kemudian meneruskan beberapa tembang selanjutnya dengan nuansa yang sama-sama slow beat. Sebut saja, ‘Dear Diary’, ‘Lucky Man’, ‘Butterflies in My Tummy’, dan ‘Hyperballad’, yang mampu memukau para penonton malam itu.

Usai lagu ke lima, tampak Arina meninggalkan panggung. Tak lama setelah itu, muncul Riko ke depan dan memainkan dua lagu Mocca, yakni ‘Life Keeps on Turning’ dan ‘Happy’ secara instrumental. Tanpa Arina di panggung, para penonton pun secara spontan mulai menjadi menggantikan Arina bernyanyi. Sesekali terdengar koor penonton yang bernyanyi dan mengisi padanan musik instrumental Mocca bersama Orchestra di dua lagu tersebut.

Jeda sejenak, penonton pun kemudian disuguhkan video tentang perjalanan Mocca dari mulai terbentuk, hingga di umurnya sekarang yang telah lebih dari sepuluh tahun. Meski hanya sekedar tampilan foto slideshow yang diisi oleh sebuah narasi, tak menghilangkan esensi yang mendeskripsikan masa-masa manis Mocca mengukir namanya di kancah musik independen Indonesia. Seolah ingin merangkum cerita yang tergambar dalam video slideshow tadi, Arina kemudian muncul kembali dan ‘I Remember’ pun mulai dimainkan.

Setelah itu, sejumlah tembang klasik Mocca seperti ‘What If’, ‘I Think I’m in Love’, ‘This Conversation’, ‘Let Me Go’, hingga ‘Secret Admirer’ pun turut dimainkan. Para Swinging Friends yang nampaknya telah hapal betul setiap bait yang dinyanyikan, seolah menjadi backing vocal dalam penampilan Mocca malam itu. Tak hanya di situ, dengan tetap diiringi kemegahan orchestra, tembang lain seperti ‘You’, ‘My Only One’, ‘Me and My Boyfriend’, ‘Bundle of Joy’, ‘The Best Thing’, hingga anthem Swinging Friends, yang berjudul ‘Friend’ pun mampu membius para penonton dengan suguhan Mocca bersama Orchestra.

Sekitar 19 lagu dimainkan, video ke dua mulai diputar. Adapun video kali ini, menceritakan sejauhmana persiapan Mocca dalam menggarap Mocca Swinging Friday. Tapi ada sedikit kejutan di akhir video. Kejutan tersebut tak lain adalah ucapan selamat ulang tahun sang vokalis Arina, yang ternyata berulang tahun di tanggal 4 Mei. Semua kesan dan ucapan selamat pun datang mulai dari para personil, Swinging Friends, hingga Satpam sekolah semasa Arina mengeyam pendidikan di SMPN 2 Bandung yang turut tampil di video tersebut. Arina yang berada di panggung nampak terlihat kaget dengan surprise yang diberikan oleh penyelenggara beserta Swinging Friends ini. Kejutan malam itu pun kemudian dilengkapi dengan bentangan poster bertuliskan ‘Happy Birthday Arina’ dan kedatangan Swingin Friends yang membawa kue sembari menyanyikan lagu selamat ulang tahun ke atas panggung.

“Kecepetan sehari sih, tapi ga nyangka ni pada seperhatian gini. Terimakasih,” kata Arina yang tampak sangat terkesan dengan semua kejutan ini dan kemudian menutup set penampilan Mocca malam itu dengan lagu ‘Swing it Bob’ yang disusul kembang api tanda konser telah berakhir.

Tapi nampaknya, usai “Swing It Bob” yang di daulat sebagai lagu terakhir, kerinduan para penonton pun masih belum bisa terobati, beberapa dari mereka terdengar berseru “we want more…we want more”, pertanda masih mengharapkan setlist tambahan. Cukup lama berselang dan tak ada yang beranjak dari tempat duduk, para personil Mocca kemudian kembali hadir di panggung. Sontak penonton kembali semangat dan Mocca pun mulai memainkan ‘On The Night Like This ‘. Tak tanggung-tanggung encore yang diberikan pun cukup banyak, mulai dari ‘Do What You Wanna Do’, You and Me Against The World’, ‘Lucky Me’, hingga benar-benar ditutup dengan ‘Lifes Keep on Turning’. Encore-nya sendiri, kebanyakan merupakan request langsung dari penonton yang hadir malam itu.

Sebelum lagu terakhir dimainkan, Arina sempat berujar dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah banyak membantu dan mensupport Mocca selama ini. Ia mengucapkan terimakasih pada seluruh Swinging Friends yang tetap setia menunggu Mocca dan mengikuti perjalanan musik Mocca selama ini.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

5 comments:

  1. hello bellissimo sito vieni a visitare mio sito kisssss italia

    ReplyDelete
  2. kunjungan balasan Sob, have a nice day

    ReplyDelete
  3. I was there! mampir nih masbro mau baca detailnya buat dijadikan laporan tugas yaaa. thanks udah lengkap banget kronologisnya hehe

    ReplyDelete