Pemberian Bass Personil Metallica, Jokowi Jadi Perhatian Media Internasional

Pemberian Bass Personil Metallica, Jokowi Jadi Perhatian Media Internasional

Pemberian bass milik personil Metallica, Robert Trujillo, kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, rupanya mengundang perhatian beberapa media internasional. Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa Jokowi belum lama ini mendapat hadiah dari Trujillo berupa bass berwarna coklat, lengkap dengan tulisan dan tanda tangan dari bassis berambut panjang tersebut yang bertuliskan: “Giving Back! Jokowi Keep Playing That Cool Fungky Bass!”

Hal tersebut memicu polemik, karena meskipun Jokowi merupakan penggemar Metallica, posisinya sebagai pejabat publik mau tak mau harus melaporkan setiap barang yang diterimanya kepada KPK. Sesuai dengan Pasal 16 Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pasal 12B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, setiap pejabat atau penyelenggara negara wajib melaporkan pemberian yang diterimanya. Pemberian itu wajib dilaporkan ke KPK paling lambat 30 hari setelah penerimaan.

Pemberian bass ini rupanya tidak hanya menarik perhatian publik Indonesia, tapi juga dunia internasional. Situs Al-Arabiya menurunkan tulisan dengan judul “Indonesian governor surrenders Metallica Guitar”. Hal yang sama juga ditulis oleh Australia Network news, abc.net.au.

Situs majalah metal internasional asal Inggris, Metal Hammer juga memberitakan hal yang sama dengan judul: “An Indonesian Governor Has Had To Surrender A Metallica Guitar To Anti-Corruption Authorities.” Dalam tulisan tersebut, Metal Hammer menyebutkan hal ini sebagai peristiwa yang ‘agak aneh’. Loudwiresebagai situs pemberitaan musik rock asal Amerika Serikat pun mengabarkan hal yang serupa dengan menulis: “Autographed Metallica Bass Leads to Jakarta Goverment Investigation.”

Jokowi memang dikenal menggemari musik cadas. Selain Metallica, mantan Walikota Solo ini juga menyukai band-band lainnya seperti Led Zeppelin, Judas Priest, Deep Purple, Napalm Death, dan juga Lamb of God.

Bass bermerek Ibanez ini sendiri telah dilaporkan Jokowi kepada KPK pada Senin (6/5) lalu. Sebelumnya, Jokowi menerima bass itu melalui promotor Jonathan Liu yang menemui Jokowi di Balaikota DKI Jakarta beberapa waktu lalu, setelah Liu bertemu dengan Trujillo di Amerika Serikat. Selaku promotor, Liu berencana menggelar konser Metallica di Jakarta. Rencana konser Metallica ini disambut baik oleh Jokowi.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

5 comments:

  1. wah nice share sob pak jokowi banyak fansnya nc
    kunjungan balik yah sob dan balas komen

    ReplyDelete
  2. postingan yg sangat menarik gan
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  3. keliatan ganteng om joko duduk bareng bass coklat ^_^

    ReplyDelete
  4. waduh mimpi apa ya pak jokowi sampe2 dikasih bass personil metallica

    ReplyDelete
  5. Selain menyandang predikat politisi paling jujur di Indonesia, Joko Widodo pun menyandang predikat wali-kota terbaik ke 3(tiga) dunia 2012 versi The World Mayor Project. Kelasnya aja sdh dunia..., jadi ya sangat pantas lah kalau Robert Trujillo sampai menghadiahinya sebuah bass guitar. Thanks kawan sdh berbagi.

    ReplyDelete