Album Review : Black Sabbath - '13'

Album Review : Black Sabbath - '13'
REVIEW ALBUM
Judul :13
Artis : Black Sabbath
Genre : Heavy Metal
Distributor : Universal Music
Tahun : 2013

PREVIEW ALBUM
Kembali dari kematian, para penemu salah satu aliran musik paling signifikan di dunia ini mencoba mencapai perdamaian antar anggota dan kembali bersatu untuk melempar 13 kepada para pecintanya.

Walau perdamaian tidak maksimal akibat absennya Bill Ward dari jejeran pemain, namun dari sisa yang ada mereka boleh bangga karena Rick Rubin, sang spesialis urusan ‘menangkap esensi karya-karya awal karier’ telah melakukan pekerjaannya dengan baik.

Trio Ozzy Osbourne, Tony Iommi, dan Geezer Butler direvitalisasi untuk kembali menjadi pedagang kegelapan dengan menghidupkan kembali kualitas klasik mereka. Alhasil, “End of the Beginning” segera mengingatkan pada dinginnya lagu “Black Sabbath”, “God is Dead” pun bermula lambat dan sludgy, berakhir energik serta bluesy, seakan buku pelajaran Sabbath Riffs 101 kembali dibuka dan dipelajari.

“Loner” memiliki groove yang membuat kepala mengangguk, persis seperti apa yang ditawarkan “N.I.B” di era ‘70-an. “Zeitgeist” adalah perjalanan akustik yang psikedelik a la “Planet Caravan”. Departemen drums diisi Brad Wilk dari Rage Against The Machine, yang bermain ‘aman’ tanpa terlalu banyak isian yang berlebihan. Seakan ia tahu posisi untuk masih menghormati keliaran tingkat tinggi dari Bill Ward.

Apakah dengan adanya Rick Rubin berarti album ini mampu menyaingi karya-karya klasik mereka? Tentu saja tidak. Tapi delapan lagu yang ada di 13 cukup menyenangkan dan adalah upaya inspiratif dari sekelompok senior cadas yang tak peduli umur, bangun dari peristirahatan, dan kembali menenteng kapak untuk mengayunkannya ke arah leher kita semua.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: