Album Review : DeadSquad - 'Profanatik'

REVIEW ALBUM
Judul : Profanatik
Artis : DeadSquad
Genre : Brutal Technical Death Metal
Distributor : Amstrecth Records
Tahun : 2013

PREVIEW ALBUM
Berita musik terbaru datang dari album kedua DeadSquad yang ditunggu oleh penggemar akhirnya datang. Dan penungguan selama ini dilakukan dengan penuh pertanyaan. Ketika album pertama adalah new school death metal nan teknis bagai mobil formula satu yang melesat full speed di sirkuit, mau bagaimana lagi album keduanya?


Ternyata itu cukup telak terjawab lewat Profanatik. Mau tak mau harus diakui bahwa BPM baru saja dinaikkan dan membuktikan bahwa album pertama Horror Vision belum full speed, membuat drummer Andyan Gorust terdengar seperti atlet yang kegemarannya minum kopi kental dua liter tiap kali merasa haus.

Namun bukan hanya kecepatan yang ditawarkan. Ini terbukti dari berbagai komposisi lagu yang secara variasi juga meningkat, dari sisi timing stop and go di setiap lagu, atau masuknya warna lain seperti lead guitar jazz dari sang legenda Joppie Item di “Natural Born Nocturnal” yang berfungsi bukan hanya sebagai tempelan. Rasa jazz melebur bersatu dengan kebrutalan metal yang mereka mainkan sehingga jadi kolaborasi yang alami.

Bagian bas Bonny Sidharta pun kini terdengar lebih jelas dibanding album debut mereka. Lirik Daniel Mardhany mencakup berbagai hal, dari penghormatan bagi para sahabat yang gugur (“Ode Kekekalan Pusara”) hingga kritik terhadap pihak yang gemar melakukan kekerasan atas nama moral dan agama (“Patriot Moral Prematur”).

Duo gitaris Stevie Item dan Coki Bollemeyer memang memiliki kemampuan lebih untuk memberikan sajian guitarworks yang klop dan lengkap dari sisi kebrutalan, teknik, sound yang tebal, serta mampu dan tak segan untuk melayani telinga dengan bagian-bagian melodius seperti pada “Altar Eksistensi Profan” yang kaya nada dan aura megah, sekilas seperti Spawn of Possession dan Fear Factory bergabung menjadi satu.

Hingga terasa seperti berada di tengah ngerinya tornado, tiba-tiba surut, pelangi keluar, namun hanya sebentar sebelum akhirnya gelap kembali dan melumat rumah Anda yang berada di jalurnya. Walau begitu Anda dipastikan pasrah dan tersenyum puas melihat kekuatan yang ditampilkan.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: