Biografi FSTVLST

Biografi Festivalist - Lorong Musik

Biografi FSTVLST - Grup musik rock Indonesia (dibaca: Festivalist) yang berasal dari Yogyakarta. Band ini merupakan kelanjutan dari band Jenny, setelah dua anggotanya keluar dan digantikan oleh anggota baru. Mengusung tema "Almost Rock Barely Art", band ini dikenal sering memadukan musik dengan seni visual dalam pertunjukannya. Dalam hubungan dengan penggemarnya, band ini menggunakan konsep kesetaraan, dengan menyebut penggemarnya sebagai "Festivalist", sama dengan nama band itu sendiri, hanya dibedakan dalam penulisan.

Sebelum bernama FSTVLST, band ini menggunakan nama Jenny dan dibentuk pada tahun 2003 dan menghasilkan satu album, "Manifesto". Setelah dua personelnya mengundurkan diri, Jenny diubah namanya menjadi FSTVLST dan melanjutkan perjalanan bermusiknya dengan merekrut dua personel lagi yang sebelumnya mereka adalah teman bermain dan pencerita, bahkan ada yang sempat membantu menjadi kru/roadies. FSTVLST menghasilkan satu album berjudul "Hits Kitsch" yang rilis pada 3 September 2014.

Awalnya JENNY beranggotakan 4 orang termasuk Farid Stevy Asta dan Roby Setiawan, sedangkan dua lainnya Arjuna Bangsawan dan Anish Setiadji yang saat itu memegang kendali bass guitar dan drum mengundurkan diri karena alasan pekerjaan dan kepentingan keluarga. Sebagai penghormatan untuk dua personel yang telah mengundurkan diri, akhirnya Farid dan Roby memutuskan untuk mengistirahatkan nama JENNY, dan memutuskan untuk mengganti nama menjadi FSTVLST. 

Farid sendiri merupakan seorang seniman sekaligus desainer dan telah menghasilkan beberapa karya maupun prestasi. Siapa yang tidak tahu logo milik PT. KAI (Kereta Api Indonesia) sekarang? Jika pun tahu, itu merupakan salah satu hasil sentuhan karya dari Farid Stevy Asta. Selain itu ia juga telah mengikuti bahkan membuka pameran tunggal di berbagai kota di Indonesia. 

Menurut Farid arti sederhana dari aliran FSTVLST adalah aliran mereka  sebenarnya kalau di bilang rock juga bukan rock banget, kalau dibilang alternative, juga kayaknya tidak begitu nyambung, jadi untuk menjaga nama baik genre atau aliran yang sudah ada, mereka membuat terobosan baru dengan menamai aliran mereka sendiri, yaitu “almost rock balery art”, atau dalam arti simpelnya, “seperti rock hampir seni”. Karena mungkin seni itu tidak bisa dipisahkan dengan mereka yang berlatar belakang dari dunia seni itu sendiri”. 

Farid juga mengungkapkan tentang keberadaan sebuah “Fans” bagi mereka itu adalah terkesan kurang akrab. Mereka lebih menjadikan penikmat musik FSTVLST sebagai teman ngobrol dan berbagi. Dengan mengusung konsep kesetaraan yang sekaligus mereka jadikan logo berlambang “=” (sama dengan), diharapkan mampu mengubah kehidupan mereka yang sebenarnya tidak menginginkan menjadi sebuah idola bagi orang lain. “jadilah dirimu sendiri dan jadilah kebanggaanmu sendiri”.

Album FSTVLST, Hits Kitsch, menjadi salah satu album terkuat 2014. Jelas dibuat dengan semangat keras dan pengamatan yang tajam tentang hidup, Hits Kitsch seperti oplosan antara The Strokes dan U2 dan tetap terdengar orisinal.


Anggota Band:

  • Farid Stevy Asta [Vocal]
  • Roby Setiawan [Guitar]
  • Humam Mufid Arifin [Bass]
  • Danish Wisnu Nugraha [Drum]
  • Rio Faradino [Keyboard]

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: