Biografi Kunto Aji Wibisono

Biografi Kunto Aji - Lorong Musik

Biografi Kunto Aji - Memiliki nama lengkap Kunto Aji Wibisono (lahir di Yogyakarta, 04 Januari 1987) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia melejit lewat acara pencarian bakat Indonesian Idol musim kelima. Aji menjadi finalis keempat pada ajang itu. Pada tahun 2010, ia mencoba merambah ke dunia layar kaca dengan membintangi film pertamanya "Senggol Bacok". Penyanyi kelahiran Yogyakarta ini, memulai debut singlenya yaitu Terlalu Lama Sendiri pada tahun 2014. 

Aji menempuh kuliahnya di Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta dan lulus pada Maret 2008. Pria dengan beragam hobi seperti mengakses internet, menonton film, dan bermain game ini mengaku merasa sedih sekaligus senang atas lolosnya dia ke babak Workshop Indonesian Idol 2008. Hingga kini kadang ia masih merasa tak percaya karena peserta lainnya juga berpotensi lolos. Perjuangannya di ajang pencarian bakat tersebut berakhir sampai babak spektakuler kesembilan. 

Setelah lulus dari ajang pencari bakat Indonesian Idol, penyanyi berambut kribo Kunto Aji memutuskan berkarier lewat jalur independen (indie). 

Cukup berat baginya mengambil keputusan tersebut, karena bisa dibilang ia masih pendatang baru di industri musik Tanah Air, namun Aji merasa mampu merilis singel dengan label sendiri. 

"Selama enggak muncul di televisi, saya melakukan pendekatan untuk bisa berkarya. Pada saat itu juga belum menemukan yang cocok dan bisa ngasih value yang bagus, akhirnya saya memilih berjalan independen," ucap Aji. 

Dengan memilih jalur independen, Aji ingin membuktikan walaupun tanpa label besar, ia mampu membuat karya yang bisa diterima masyarakat luas. 

"Label sendiri itu ada kepuasan, mau ego besar-kecil lebih di saya, ini benar-benar pembuktian. Sempat saya dibilang idealis, naif, tapi musik saya ternyata bisa diterima. Orang-orang terlalu meremehkan musik Indonesia. Saya enggak mau jumawa, tapi masyarakat memang menerima," tambahnya. 

Aji tak menampik, dengan mengikuti Indonesian Idol, dirinya lebih mudah dan cepat masuk Industri musik. Namun Aji juga menambahkan, setelah lulus dari Indonesian Idol, banyak penyanyi yang sulit mempertahankan eksitensinya. 

"Saya sedikit setuju instan untuk masuk industri, tapi setelah selesai, untuk survive balik lagi ke konsistensi masing-masing. Kalau memang passion ingin jadi musisi, ya saya yakin mereka bisa survive. Banyak teman-teman saya memiliki karya yang bagus dan diakui," tuturnya. 

Aji juga merasa mendapatkan banyak ilmu dari Indonesian Idol, dan ia pun merasa bersyukur. "Ikut ajang menjadi basic saya ketika masuk ke industri, itu seperti modal awal. Seperti kalian tahu, butuh waktu 6 tahun masuk ke industri ini," tutupnya. 

Setelah lagu Terlalu Lama Sendiri sudah terlalu lama diputar dan bertengger di chart radio-radio, akhirnya Kunto Aji ngajak move on nih. Berkolaborasi dengan salah satu bassist berbakat Indonesia, Barry Likumahuwa, Aji merilis single keduanya yang berjudul "Pengingat". 

"Saya percaya passion adalah perjalanan. Tidak ditemukan dengan mudah, ada hal-hal yang membuat bias untuk mengambil keputusan dimana passion kita. Hal inilah yang mendasari terciptanya kerjasama saya dengan Barry dari segi tema. Kalo dari segi musik, masalah 'groove' menurut saya Barry yang terbaik diantara musisi muda lain," cerita Aji tentang lagu ini. 

Nggak seperti di lagu Terlalu Lama Sendiri yang mengalun pelan tapi pasti, di Pengingat, Aji dan Barry mengajak pendengarnya berdiri dari duduknya untuk bergoyang dan bertepuk tangan. Musik upbeat yang cocok didengarkan untuk memulai hari. 

"Iya, mungkin single kedua ini memang nggak sesuai ekspektasi mereka. Tapi sejujurnya saya tidak terlalu memikirkan hal itu, bahkan saat saya mengeluarkan Terlalu Lama Sendiri pun saya nggak berpikir lagu ini akan disukai banyak orang atau nggak. Saya hanya membuat karya sesuai apa yang saya mau. Saya menulis lirik sesuai dengan apa yang ada di kepala saya, nggak di buat-buat. Nggak mikirin laku apa nggak, itu belakangan," tegas Aji. 

Ia juga mengibaratkan musiknya sebagai roller coaster; pendengar digiring dengan mood yang Aji buat melalui Terlalu Lama Sendiri dan Pengingat, sebelum akhirnya masuk ke suguhan utama yang sedang ia siapkan yaitu album penuh.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: