Biografi Scaller

Biografi Scaller - Lorong Musik

Biografi Scaller - Grup duo alternative pop Indonesia asal Jakarta yang di bentuk pada tahun 2012. Scaller beranggotakan Reney Karamoy dan Stella Gareth. Duo asal Jakarta ini telah lima tahun berkiprah bersama dengan nama band yang berbeda-beda yang akhirnya mereka memutuskan untuk membentuk dengan nama Scaller.

Di tahun 2013 mereka berhasil merilis EP album pertama mereka yang berjudul “1991” di bawah kerjasama dengan Demajors Independent Music Industry.

Di tahun 2014 Scaller kembali masuk ke studio dengan ide serta referensi yang lebih segar, hasilnya adalah lagu baru mereka yang berjudul “The Youth” yang akan dirilis tanggal 8 Mei esok melalui iTunes. Lagu itu sendiri diproduseri oleh Gerard Rumintjap dan Reney Karamoy. Dalam karya terbarunya ini, Scaller semakin mematangkan konsep trio yang dibantu oleh Dhani Siahaan pada drum yang memberikan energi baru pada band ini.

Ketika pertanyaan akan warna musik yang mereka usung, Scaller mendeskripsikan melalui beragam pengaruh bermusik mereka seperti Radiohead, The Beatles, dan juga band kontemporer seperti ASIWYFA serta Adebisi Shank.

Geliat musik rock di era awal “90-an silam ternyata menyimpan kesan mendalam bagi Reney Karamoy (gitar, vokal) dan Stella Gareth (vokal, synth, kibord), dua sahabat yang tergabung dalam duo Scaller. Lewat album mini bertajuk “1991” (Demajors) yang baru dirilis, keduanya menuangkan pengaruh itu dengan tegas.
Cikal bakal Scaller yang merupakan kependekan dari ‘simply called reverse’ dimulai dari panggung-panggung bar sejak 2009 silam. Namun tiga tahun kemudian, Scaller yang sejak awal sudah dimotori oleh Reney dan Stella langsung putar haluan, mengganti imej dan fokus rekaman. Rock, terutama yang menggaung di era ‘90an menjadi bidikan mereka dalam mengolah komposisi. 

Alasannya, seperti diungkapkan Reney, karena era ‘90an itu bisa dibilang sebagai revolusi dalam musik rock. “Jadi musisi-musisi di era ’90 itu bisa membawa perubahan dalam industri musik rock dan bisa membawa sesuatu yang baru. Jadi energi itulah yang coba kami tuangkan ke dalam EP ‘1991’ itu. Selain karena 1991 itu adalah tahun kelahiran kami berdua.”

Kebetulan, latar belakang pengaruh musikal Reney dan Stella memang tak jauh-jauh dari rock. Ketika mulai mendalami gitar saat masih duduk di bangku SMP, Reney sudah banyak memainkan komposisi-komposisi rock. Terutama saat mulai aktif ngeband. “Dari SMP sampai SMA, gue bermain di berbagai macam band rock dan lagu-lagu rock yang sebenarnya cenderung nggak ‘90an. Membawakan banyak lagu rock n roll, lagu-lagu ‘60an sampai ‘80an akhir sampai glam rock. (Tapi) Akhirnya gue menemukan sesuatu yang baru bersama Stella dan gue coba bermain lebih dewasa dan lebih menentukan karakter gue yang sebenarnya aja. Dan akhirnya dapatlah sound gue yang seperti saat ini.”

Pada Juni 2013 lalu, Scaller sudah merilis album mini bertajuk 1991 dan single "The Youth" pada 2015.

Anggota Band:

  • Reney Karamoy [Gitar, Vokal]
  • Stella Gareth [Vokal, Synth, Kibord]

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: