Biografi Raisa


Biografi Raisa - Raisa Andriana (lahir di Jakarta, 6 Juni 1990) atau yang lebih dikenal dengan nama Raisa adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ayah Raisa bernama Allan N. Rachman dan Ibunya bernama Ria Mariaty. Raisa memiliki seorang saudara tepatnya kakak kandung laki-laki bernama Rinaldi Nurpratama. Di usia 3 tahun, Raisa sudah menunjukan bakat dalam bernyanyi, ia terus belajar olah vokal secara otodidak dan sering bernyanyi diatas panggung seolah-olah sudah menjadi penyanyi terkenal. 

Raisa memulai sekolahnya di TK Islam Dian Didaktika, Jawa Barat. Disini Raisa tumbuh menjadi seorang anak gadis yang manis dan juga cerdas. Saat TK ia sering menyanyi di depan kelas, secara alami Raisa mulai menunjukkan bakat bernyanyinya. Setalah dari TK, Raisa kemudian melanjutkan sekolahnya di tempat yang sama yaitu SD Dian Didaktika. Kemampuan bernyanyinya semakin bagus, terbukti pada saat kelas 3 SD, Raisa masuk dalam Tim Paduan Suara SD Islam Dian Didaktika karena suaranya yang bagus.

Setelah lulus SD, Raisa tetap melanjutkan sekolahnya di tempat yang sama yaitu SMP Dian Didaktika, di SMP kemampuannya dalam olah vokal semakin baik, selain kemampuan bernyanyi, Raisa juga tegolong siswa yang cerdas di kelas. Kemampuan bernyanyinya ketika SMP kadang membuat gurunya kewalahan dalam mengiringi Raisa ketika bernyanyi.

Setelah tamat SMP, Raisa kemudian masuk di SMA 34 Jakarta. Di sekolah tersebut, ia satu sekolah dengan penyanyi lain yaitu Afgan Syahreza yang merupakan kakak kelasnya di SMA. Di SMA 34 Raisa dipanggil dengan nama Yaya. Raisa rajin mengikuti pentas seni sebagai penyanyi di sekolahnya, dan kemampuan dalam bernyanyinya semakin bagus.

Setelah lulus SMA, Raisa kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Universitas Bina Nusantara Internasional di jurusan Marketing Internasioanl Bisnis. Meskipun kuliah, Raisa juga tetap fokus dalam bernyanyi.

Di awal karir bernyanyinya Raisa digandeng untuk bernyanyi di konser komposer terkenal yaitu David Foster saat di Jakarta. Kemudian pada tahun 2008, Raisa kemudian direkrut oleh Kevin Aprilio untuk bergabung dalam band Andante bentukan Kevin Aprilio dimana Raisa sebagai vokalis di band tersebut. Band Andante inilah juga yang kemudian menjadi Vierra (sekarang Vierratale). Namun karena pihak rekaman menginginkan sebuah konsep yang berbeda akhirya Raisa keluar dari tersebut.

Setelah keluar dari Andante, Raisa banyak bernyanyi di kafe-kafe musik. Hal ini yang kemudian membuat peluangnya sebagai penyanyi terkenal semakin terbuka lebar. Kemudian memasuki tahun 2010, Raisa kemudian meluncurkan single perdananya yang berjudul Serba Salah. Lagu inilah yang kemudian membuat Raisa semakin populer.

Dari situ ia kemudian banyak menerima undangan untuk tampil sebagai pengisi acara musik seperti pada Festival Java Jazz 2011. Di tahun yang sama, ia juga meluncurkan album perdananya yang berjudul Raisa. Penampilan yang memukau dalam bernyanyi saat tampil di Java Jazz Festival menjadikan karir Raisa sebagai seorang penyanyi semakin meroket.

Raisa bahkan dianugerahi sebagai Penyanyi Pendatang Baru terbaik pada anugerah Musik Indonesia tahun 2012 di Jakarta dan kemudian ia juga mendapat penghargaan sebagai Best Vocal Performance In A Song (New Female Artiste) di Anugerah Planet Muzik 2012 di Singapura.

Di tahun 2013, Raisa kemudian meluncurkan album keduanya yang berjudul Heart to Heart yang berisikan sembilan lagu. Di tahun tersebut nama Raisa semakin melejit sebagai seorang penyanyi. Di 2014 Raisa bahkan ditunjuk sebagai juri tamu dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014.

Kemudian memasuki tahun 2015, Raisa kemudian digandeng oleh Walt Disney Pictures untuk menyanyikan soundtrack film disney yaitu Cinderella dalam lagu yang berjudul A Dream is a Wish Your Heart Makes yang semakin melejitkan nama Raisa di dunia musik tanah air. Film tersebut turut dibintangi Cate Blanchett.

Pada Mei 2015, Raisa berhasil membuat konser solo pertamanya di Istora Senayan, Jakarta. Antusiasme yang tinggi dari para penggemarnya, membuat promotor Juni Concert yang saat itu dibantu oleh Dyandra Promosindo melanjutkan konser solo keduanya di DBL Arena, Surabaya. Konser solo pertama ini mengambil tema Pemeran Utama, yang juga adalah salah satu single sukses Raisa.



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: