Interview: Bersenja Gurau Tour 2017 Bersama Senar Senja


Keberagaman skena musik di Indonesia memang sangat menarik untuk diikuti. Banyak band berpotensi muncul seakan siap memanjakan telinga kita dengan karya-karya yang apik. Salah satunya adalah Senar Senja, duo acoustic pop-folk asal Jakarta yang saat ini sedang menjalankan rangkaian tur mereka yang bertajuk #BersenjagurauTour2017. Duo yang beranggotakan Febry Rufiandhy (Vokal, Gitar, Melodi) dan Aditya Sidhi (Vokal, Gitar) sebelumnya juga sempat merilis single berjudul Savana yang berkolaborasi dengan penyanyi Asteriska.


Halo Senar Senja apa kabar ? Gimana perjalannan tournya ?
Kabar, baik. Perjalanan tur lancar tanpa kendala.

Sebelum bertanya lebih jauh, bisa diceritakan sejarah terbentuknya Senar Senja ?
Senar senja awalnya terbentuk tahun 2010. Kita main bareng karena dalam lingkungan kampus yang sama, kemudian tergabung dalam satu event yang sama, nah disitu kita coba main bareng, dan ternyata cocok, chemistrynya bagus, yaudah jalan sampai sekarang.

Kenapa memilih nama “Senar Senja” ?
Senar sendiri dipilih karena kami menyukai karakter instrumen yang berdawai, khususnya gitar. Tapi nggak gitar doang sih, ada violin, cello, yang karakternya kuat lebih autentik. Kalo senja dipakai karena dari awal kebentuk dan mencoba untuk main berdua , kita lebih banyak ditaruh di roundown di jam-jam menuju senjalah , hehe…

Oiya ceriitain dong proses tour kalian dari awal ?
Kalo proses tour sendiri kami memulai ini secara swadaya, dengan modal sendirilah istilahnya. Selain itu kami juga dibantu rekan-rekan kami di tiap kota, baik dari segi media relation, pengelolaan acaranya, dan logistik juga disupport.

Kota mana saya yang kalian singgahi dalam rangkaian #BersenjagurauTour2017 ?
Untuk kota pertama kami mulai dari Makasar, selanjutnya menuju ke Pamulang , Jakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Pekanbaru, dan terakhir kembali ke Jakarta.

Apa sih sebenarnya tujuan dari #BersenjagurauTour2017 ?
Rangkaian tur ini sebenarnya lebih ke edukasi kami untuk mengenalkan siapa Senar Senja dan seperti apa lagunya. Awalnya bener-bener kami nggak berekspektasi terlalu tinggi, ternyata kami mempunyai pendengar dibeberapa kota. Tapi kami percaya, ada atau tidaknya pendengar lagu kami bisa diperkenalkan ke khalayak

Selama menjalankan rangkaian tur, ada pengalaman berkesan nggak yang kalian dapatkan ?
Ada cerita menarik saat kami di Cirebon. Pas kita cek ke vanue jam 13.00 ternyata belum jadi karena Famouz Cafe baru saja pindahan. Tapi pas kita kesana lagi untuk perform ternyata semuanya sudah rapih .

Bulan Januari kemarin kan Senar Senja sempat merilis singel , bisa diceritain sedikit dong tentang singelnya ?
Single yang kami rilis kemarin itu judulnya “savana” itu featuring dengan Asteriska. Savana sendiri itu dirilis Januari 2017, tujuannya untuk menuju album kami selanjutnya sih. Jadi single ini untuk mengawali awal tahun dengan harapan-harapan yang baru dan lagunya juga berisi tentang harapan-harapan yang baru.

Untuk album selanjutnya rencanya dirilis kapan ?
Rencanaya akhir tahun ini sih, targetnya tahun 2017.

Okay, Last Word ?
Untuk teman-teman pendengar kalo memang kalian kebetulan bergelut di bidang seni apapun seninya, terus berkarya, tetap mejadi diri sendiri, karena bagaimanapun karya seni itu butuh identitas, dengan identitas pasti kalian akan dikenal, dan kami percaya untuk setiap karya seni itu selalu ada penikmatnya.


Sumber: Mave Magz



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: