Biografi BIP

Biografi Band - Lorong Musik

Biografi BIP - Grup band rock Indonesia asal Jakarta yang didirikan oleh tiga orang musisi yang hengkang dari Slank pada tahun 1996, yaitu Parlin Burman (gitar), Bongky (bass), dan Indra Q (keyboard). Kini formasi mereka dilengkapi oleh Irfan Fahri Lazuardy (vokal) serta Dede Kumala (additional drum).

Bongky, Indra, dan Pay sepakat mendirikan BIP empat tahun setelah berpisah dari Slank, tepatnya pada tanggal 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung. 

Sebelumnya, para personel jebolan Slank itu pernah membentuk grup band Sablenk (Saya Bekas Anak Slank). Vokalis awal BIP adalah Irang Perdana Arkad. Mereka pun merilis dua album yaitu Turun dari Langit (2001) dengan mengandalkan lagu hits "Skak Mat", "Aku Gemuk Lagi" serta "1000 Puisi" dan Min Plus (2002) di bawah naungan EMI Music Indonesia.

Namun pada awal Maret 2003, Irang memutuskan untuk mengundurkan diri dari BIP. April 2003, bertepatan dengan dirilisnya album The Best of BIP : Ternyata Harus Memilih yang merangkum 14 tembang, BIP mengumumkan mereka tidak lagi memakai Irang sebagai vokalis. Dan sebagai tanda perpisahan itu, Irang tetap mengisi vokal pada lagu terbaru BIP, yaitu "Ternyata Harus Memilih" dan "Bosen". Sebagai gantinya, mereka menggandeng Ipang, mantan vokalis Plastik. Dengan format Bongky (bass), Indra (keyboard), Pay (gitar), Jaka (drum), dan Ipang (vokal).

Barulah di tahun 2004 mereka merilis album baru atau tepatnya pada 9 April 2004. Album ini berjudul “Udara Segar” yang dirilis di bawah label Forte Record. Dari 12 lagu dalam album ini, BIP mengandalkan "Koncianmu", "Bintang Hidupku", dan "Korslet" sebagai lagu jagoan mereka.

Setelah vakum selama kurang lebih enam tahun, akhirnya pada 26 November 2010 BIP mengeluarkan album baru mereka yang bertajuk Berangkat di bawah naungan Fame Music. Album ini menandakan bahwa mereka masih ada dalam persaingan di industri tanah air. BIP menelurkan 6 lagu di album ini dengan singel hits berjudul "Pelangi dan Matahari".

Pada tahun 2016 BIP berhasil merilis album berjudul "Kata Jendral". Album ini melibatkan 350 produser dari Bipers (penggemar BIP) yang bertindak melakukan crowd funding atau patungan dari Bipers untuk memproduksi album ini. Butuh waktu 3 tahun untuk menuntaskan album ini.

Awalnya pemain bas Bongky, kibordis Indra, gitaris Pay, vokalis Ipang dan drummer Dede berniat memberi nama E=MC2 untuk album baru mereka. Namun belakangan berubah menjadi Kata Jendral. 

Kika Syafii, yang menjadi salah satu pihak yang terlibat di awal project album BIP ini menulis, "Bahwa project album terbaru BIP yang dilakukan dengan sistem patungan masih sama dan tidak berubah. Yang berubah hanya judul album". Album ini khusus untuk Bipers (sebutan penggemar BIP) yang sudah bersusah payah ikut mendanai produksi album dan menunggu sampai 3 tahun. 

Beberapa judul lagu yang ada di album Kata Jendral dari BIP ini adalah: "Bukan Fotocopy", "Kita Bisa", "Cupu Lu Ah," "Jalan-Jalan", dan "Kata Bokap".

Anggota Band:
  • Parlin Burman aka Pay [Guitar]
  • Bongky Marcel Ismail aka Bongky [Bass]
  • Indra Chandra Setiadi aka Indra Q [Keyboard]
  • Irfan Fahri Lazuardy aka Ipang [Vocal]
  • Dede Kumala aka Dede [Additional Drum]

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: