Biografi Gugun Blues Shelter

Biografi Gugun Blues Shelter - Lorong Musik

Biografi Gugun Blues Shelter - Grup band Indonesia beraliran blues rock yang dibentuk di Jakarta oleh Gugun (gitar, vocal), Jono (bass) dan Iskandar (drum). Gugun and The Blues Shelter atau seringkali disingkat GBS berdiri pada tahun 2004 dan anggotanya saat ini antara lain Gugun (gitar), Fajar (bass) and Bowie (drum). 

Grup musik ini terbentuk pada tahun 2004 untuk bermain di blues bars di Jakarta. Mereka telah bermain di jazz clubs dan festival. Mereka ter-inspirasi oleh Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Betty Davis, dan Led Zeppelin.

Pada awalnya, nama dari band ini adalah The Blues Bug, yang mana akhirnya diganti menjadi Blue Hand Gang, dan selanjutnya menjadi Gugun Blues Shelter. Mereka mengganti nama band mereka karena sebuah band asal Yunani telah memakai nama Blues Bug selama sepuluh tahun. 

Pada akhir 2004, mereka merilis album independen pertama mereka berjudul "Get the Bug". Musisi yang tampil di dalam album ini antara lain Gugun, Jono, dan Iskandar. 

Di awal 2007, mereka merilis album kedua "Turn It On" oleh Sinjitos Records. The album was voted as one of the best Indonesian albums of 2007 by Rolling Stone Indonesia. Album ini juga dipilih sebagai "The number one blues album of the year", dengan Gugun yang terpilih sebagai Gitaris blues terbaik se Asia Tenggara, pada tahun 2007 oleh MTV Trax Magazine. 

Bowie bergabung dengan band antara tahun 2007 sampai 2008 untuk menggantikan Iskandar pada drum. 

Pada tahun 2010, mereka secara independen merilis album dengan nama mereka sendiri sebagai pengganti terhadap album Set My Soul on Fire mereka, yang batal rilis menyusul konflik dengan label mereka. 

Pada tahun 2011, Gugun Blues Shelter dipilih oleh juri melalui pemilihan online dari para fans untuk memenangi Kompetisi the Hard Rock Café’s Global Battle Of The Bands, memperingati Ulang tahun Hard Rock Café yang ke-40. Mereka dijadwalkan untuk tampil pada hari Minggu, 26 Juni 2011 di Hyde Park, bersama dengan Bon Jovi, Rod Stewart dan The Killers.

Di tahun yang sama Gugun Blues Shelter merilis tiga album diantaranya: "Satu Untuk Berbagi", "Far East Blues Experience" (compilation album), Solid Ground". 

Dalam perilisan album "Solid Ground" di Amerika, Gugun Blues Shelter melakukan pergantian nama menjadi Gugun Power Trio . Menurut Gugun bahwa nama itu dicetuskan oleh pihak label Amerika. Saat itu mereka memiliki dua nama, di Indonesia dan Inggris dikenal dengan nama Gugun Blues Shelter sedangkan di Amerika dikenal dengan Gugun Power Trio.

Di tahun 2013 Gugun Blues Shelter merilis album terbarunya yang berjudul "Soul Shaker". Dalam album terbarunya ini, Gugun, Bowie, dan Jono mencoba membawakan aransemen musik era classic rock zaman dulu. Ada 10 lagu yang terdapat dalam album Soul Shaker ini. Di antaranya Love Your Life, Born to be Awesome, Fire Underwater, Driving Underwater, Captain Morgan, dan juga Funk #2, yang menurut Gugun merupakan sekuel dari lagu Funk #1 yang terdapat dalam album keempat, Satu untuk Berbagi.

Pada tanggal 27 Oktober 2015 Gugun Blues Shelter merayakan pesta perilisan album ke-8 mereka yang berjudul "High Life" yang bertempat di 365 Eco Bar Kemang, Jakarta. Album ini sekaligus menjadi penanda bahwa Gugun Blues Shelter adalah salah satu band yang paling produktif merilis album studio di kancah blues rock Nusantara.

Gugun Blues Shelter pada akhir 2015 mengumumkan bahwa pemain bass Jonathan Armstrong atau lebih dikenal dengan nama Jono, sudah resmi tak lagi memperkuat trio blues rock yang sudah berdiri selama sebelas tahun lamanya tersebut.

Tak lama pasca pengumuman keluarnya pemain bas Jono Armstrong dari Gugun Blues Shelter pada akhir 2015 lalu, pihak band langsung merekrut pemain bass terbaru mereka yang bernama Fajar Adi Nugroho.

Fajar yang dianggap salah satu session player bassist terbaik di tanah air mengaku awalnya adalah seorang penggemar Gugun Blues Shelter. Bahkan bertahun-tahun sebelum dirinya resmi menjadi personel, Gugun (vokal/gitar) dan Bowie (drum) juga sudah mengagumi kepiawaian Fajar dalam bermain bass.

Pada Januari 2017 Gugun Blues Shelter kembali meluncurkan album ke-9 mereka yang berjudul "Hitam Membiru". Berbeda dengan delapan album sebelumnya, album teranyar mereka kini diisi dengan lagu-lagu berbahasa Indonesia.

Anggota Band:
Muhammad Gunawan aka Gugun [Guitar, Vocal]
Adityo Wibowo aka Bowie [Drum]
Fajar Adi Nugroho aka Fajar [Bass]

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: