Melancholic Bitch Merilis Single Terbaru Berjudul "Bioskop, Pisau Lipat"

Berita Musik Indie Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Berita Indie Terbaru - Band rock asal Yogyakarta, Melancholic Bitch, baru-baru ini merilis single terbaru mereka yang berjudul "Bioskop, Pisau Lipat". Lagu ini merupakan salah satu materi dari album NKBBS Bagian Pertama yang rencana akan dirayakan peluncurannya pada September mendatang.

Melancholic Bitch terakhir merilis album penuh pada 2009 silam berjudul Balada Joni dan Susi. Kemudian mereka sempat merilis album pendek bebas unduh berjudul Lagu-lagu Yang Tidak Bisa Dipercaya (2011) dan merilis ulang album debut Anamnesis (2005) pada 2013.

"Bioskop, Pisau Lipat" selaku single perdana dari NKBBS Bagian Pertama menggambarkan pengalaman dari vokalis Ugoran Prasad saat menonton film propaganda Orde Baru, Pengkhianatan G30S/PKI. "Film itu membangun konstruksi tertentu tentang "perempuan liar" dan pisau lipat," ungkap pihak band seperti dikutip dari siaran pers. "Pengalaman digelandang ke bioskop jam 9", sebagaimana disebutkan dalam lagu ini, adalah bagian dari memori kolektif generasi Indonesia yang tumbuh pada 1980-an."

Bagian dari judul albumnya sendiri, NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) merupakan satu jargon propaganda dari Orde Baru yang menggambarkan konsep keluarga ideal masyarakat Indonesia. "Sepanjang tahun 1980-an hingga 1990-an, program KB menjadi program andalan pemerinah, yang utamanya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pada saat yang sama, memasukan ideologi politik Orde baru hingga unit terkecil masyarakat yaitu keluarga," jelas mereka.

"Sebagaimana Balada Joni dan Susi, pada NKKBS Bagian Pertama ini seluruh lagu merujuk pada satu narasi besar tentang keluarga, dan segala cerentang dan dinamikanya, termasuk kaitannya dengan peristiwa-peristiwa politik Indonesia 1960-an hingga sekarang," pungkas mereka.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: