Biografi Morfem - Profil Dan Personil Band Morfem

Biografi Morfem -  Jika kamu cukup memerhatikan ajang musik arus tepi di Indonesia, sudah pernahkah kamu mengetahui jika trend musik rock alternative ala-ala "90-an sempat mekar kembali di Indonesia sekian tahun lalu? Lumayan jauh tenggang waktunya jika dibanding dari terakhirnya Indonesia memiliki ajang musik rock alternative yang "oke" dan aktif , yaitu di tengah ke arah tahun akhir "90-an -masa saat grunge dan rock sedang digemari banyak pendengar musik di dunia. Sebenarnya penyematan kata "oke" tidak terlalu berlebih, karena di zaman itu banyak band-band rock alternative yang aktif bermain dan memberi dampak berarti untuk banyak pendengar musik Indonesia, sebutlah saja band-band seperti Netral, Cocok Band, sampai Kubik. Band-band itu dapat disebut pion untuk fragmen itu.

Belum juga sempat ada konser fantastis bertema Jakarta Pop Alternatif Festival pada tahun 1996 yang tidak main-main membawa beberapa band alternative berkualitas Internasional yang mahsyur untuk bermain di Indonesia, yakni Foo Fighters, Beastie Boys, dan Sonic Youth. Tetapi ya, peristiwa itu telah melalui dan makin lama trend musik rock alternative di Indonesia di beberapa tahun sesudahnya mulai menurun.





Kembali lagi ke peristiwa gelombang rock alternative di sejumlah tahun kemarin, pemantik paling besar untuk hal itu dapat terjadi yaitu karena timbulnya beberapa band yang termasuk baru dan membawa musik berjenis rock alternative sebagai identitasnya. Beberapa misalnya ialah Barefood, Kasus, dan Morfem. Kualitas musik yang mereka permainkan juga tidak kalah hebat dengan band-band alternative yang ada di zaman tahun "90-an. Disamping itu, ke-3 band itu memiliki keunikan lagu dan paket performanya masing-masing yang memberi daya magnet tertentu untuk beberapa pendengarnya. Bukan tujuan untuk memperbandingkan, tetapi ada satu band yang kreasi dan performanya berasa lebih unik dari beberapa band yang ada di gelombang rock alternative millenium, yaitu Morfem.


Morfem sebagai group musik indie rock asal Jakarta yang tercipta semenjak tahun 2009 lalu, persisnya di tanggal 1 Mei. Berawal dari ide Jimi Multhazam (vokal), Pandu Fuzztoni (gitar), Freddie A Warnerin (drum), dan Bramasta J Sasongko (bass), Morfem lumayan menarik perhatian pencinta musik tanah air dan melaunching beberapa album terbaik.


Di tahun 2011 lalu, Morfem melaunching album penuh pertamanya yang bertema Indonesia. Album itu sukses menarik perhatian dan sukses dikukuhkan sebagai Album Favorite 2011 versus Jakarta Globe, Album Terbaik 2011 versus Trax Magazine, Album Terbaik 2011 versus Majalah Rolling Stone Indonesia (rangking 4), Lagu Indonesia Terbaik 2011 dengan judul Gadis Suku Pedalaman (perinkat 3), dan Nominasi Album Terbaik 2011 versus Majalah Tempo.


Tidak itu saja, bahkan juga salah satunya dari 3 video clip Mooner yang dengan judul Tentukan Sidang dikukuhkan sebagai video clip terbaik oleh majalah Rolling Stone Indonesia. Pada tahun yang serupa, band ini melaunching mini album dengan judul unik Usap Ingusmu yang di-launching dengan gratis di jagat maya. Dalam kurun waktu tiga jam saja, mini album itu sukses didownload oleh sekitaran lima ribu penggemarnya, memperlihatkan kemampuan musikalitasnya.


Morfem selanjutnya melaunching album ke-2 bertema Hey, Makan Tuch Gitar yang berisi sebelas trek yang datang dengan nuansa berlainan setiap lagunya. Peluncuran album yang sudah dilakukan di tanggal 24 Maret 2013 itu diikuti dengan showcase group ini di Demajors Gandaria. Diproduseri langsung oleh ke-2 personil Morfem, yakni Jimi Multhazam dan Pandu Fuzztoni, album ini pilih lagu 180 derajat sebagai singgel pertama kali yang dipandang sebagai wakil sound Morfem di album ke-2 keseluruhannya.


Keberhasilan album ke-2 membuat Morfem memakan waktu sekitaran 3 tahun untuk kembali dengan full album terbaru, yakni Dramaturgi Underground yang launching di tahun 2016 kemarin. Album yang paling rekat dengan gitar ini jadikan sound gitar fuzzy ala-ala band indie rock atau alternatif rock plus lirik "nakal: Jimi sebagai ciri-ciri uniknya. Album yang sudah di-launching di tanggal 10 November ini mendapatkan tanggapan cukup positif dari beberapa pecinta musik non-mainstream.




Biodata


Nama : Morfem


Asal : Jakarta


Tahun aktif : 2009 - saat ini


Jenis : Dance/Electronic


Cap rekaman : Sinjitos Records, MRFM Records


Anggota : Jimi, Pandu, Yusak, dan Freddie


Bekas anggota : Yanu Fuadi

Posting Komentar

0 Komentar